Skip to main content

Cara Membuat Blog Blogger Statis

Cara Membuat Halaman Statis di Blogspot

Halaman statis adalah halaman tetap. Jika Anda lihat home page bloGoooblok ini, halaman utamanya tidak pernah berubah, itulah yang saya maksud dengan halaman statis. Kita memasangnya disana walau postingan tetap berjalan.


Blogspot akan menampilkan halaman utama dengan postingan terakhir. Ini memang wajar, karena blog pada pasarnya akan selalu menampilkan postingan terbaru diurut terbalik hingga yang terlama.

Walau blogspot telah mematenkan hal ini, namun kita sebagai pengguna masih diberi kesempatan mengubahnya dengan menetapkan halaman statis di home page. Inilah hebatnya blogspot dengan flatfom lain.

Postingan kali ini kita akan membahas Cara Membuat Halaman Statis di Blogspot. Jika ingin memodifikasi tampilan blog, Anda juga bisa membaca Cara Membuat Laman Polos Tanpa Sidebar dan Footer di Blosgpot atau Cara Membagi Halaman Postingan di Blogspot.

Untuk membuat halaman statis, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Buat Laman

  • Yang pertama dan utama, tentu Anda harus login dulu ke akun blogspot Anda. Saya anggap kini Anda telah menyediakan artikel khusus untuk ditampilkan dihalaman statis. Setelah login, pilihlah tab Laman disebelah kiri lalu pilih Laman Baru. Anda juga bisa memilih Laman lain yang telah Anda buat sebelumnya. 



  • Setelah membuka laman, isikan artikel yang Anda ingin tampilkan dihalaman utama. Isi sesuai dengan selera, Anda bisa memasukkan gambar atau video. Intinya, laman ini sama seperti Anda membuat postingan seperti biasa. Pada tutorial ini, laman statis yang akan kita buat saya beri nama Hello. Setelah selesai, klik Publish/terbitkan. 


Pengaturan

  • Setelah laman yang akan kita jadikan halaman statis diterbitkan, langkah selanjutnya adalah pengaturan. Masih di dhasbor blogspot Anda, selanjunya pilihlah tab Setelan/Setting lalu Preferensi Penelurusan lalu klik Edit di Pengalihan Khusus. Lihat gambar dibawah ini. 


  • Ada dua pilihan dalam kolom ini, Pada kolom pertama Dari (URL blog Anda) kolomnya isikan saja dengan simbol "/" (tanpa tanda kutip). Dan dikolom kedua Kepada (URL blog Anda) isikan URL halaman statis yang anda buat tadi. Misal dalam hal ini alamat URL statis yang buat adalah http://blogoooblok.blogspot.com/p/hello_17.html. Copy saja kata-kata terakhir yakni "/p/hello_17.html" (tanpa tanda kutip). Setelah diisi klik Simpan dan Simpan Perubahan. 



Sembunyikan Laman

  • Sekarang halaman home Anda telah berubah menjadi halaman statis. Namun pada menu tab akan tampil dua halaman yang sama, yakni Home dan Hello (Sesuai nama lamana Anda). 



  • Untuk menghilangkan halaman Hello pada menu tab, selanjutnya masuk ke tab Tata Letak lalu pilih Edit pada Laman



  • Pada jendela pengaturan hilangkan tanda centang pada laman Hello. Setelah itu klik Simpan.


  • Kini menu tab Anda tidak tersedia lagi menu pilihan Hello, dan postingan terbaru Anda pun tak tampil dihalaman utama atau home page Anda. 

Untuk melihat postingan terbaru Anda, tambahkan saja /index.html dibelakang URL Anda. Namun alangkah lebih baiknya jika Anda membuat navigasi yang baik bagi setiap pengunjung agar saat berkunjung mereka tidak kebingungan.

Awalnya blogspot menyediakan pengaturan laman dengan opsi Alamat Web, dimana kita bisa memasukkan /index.html dan membuatnya menjadi tab baru. Namun kini telah dihilangkan, entah apa alasannya.

Nah, sekarang Anda sudah punya halaman statis. Silahkan bereksperimen lebih jauh untuk membuatnya indah. Jika memiliki pertanyaan tentang pembahasan diatas, silahkan berkomentar dibawah ini, atau hubungi kami lebih form Hubungi Kami. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

How to Add a Subtitle to Blogger Posts

This Blogger tutorial shows you how to easily and quickly add a subtitle to your Blogger posts (Blogspot posts) so that both search engines and readers will have more information about your post. I also discuss the benefits of adding subtitles to Blogger articles. This is an easy tweak to your Blogger blog that anyone can carry out in a couple of minutes. Benefits of Using Subtitles in Posts Adding a subtitle which appears below the title of your post can be both eye catching and informative. For instance a titling schema for this post could be: Title: Add a Subtitle to a Blogger Blog Subtitle: Make Your Posts More Search Engine Friendly and User Friendly If you craft your titles and subtitles carefully you will encourage more targeted readers of your blog as they will be able to see at a glance what your post is about rather than reading the whole article. Your traffic therefore might be slightly less but they will be far more targeted to the content of your site resulting in a

Cara Membuat Blog Sendiri

Cara Membuat Blog Sendiri Menjadi seorang blogger artinya menjadi penulis dan webmaster. Sebagaimana sebagai penulis buku, artikel koran atau hanya sebuah blog inilah Tips Trik Membuat blog dan menjaga semangat ngeblog agar kontinyu. Karena ternyata, ngeblog itu meletihkan dan melelahkan. Perlu enerji cukup, terutama asupan ke otak dan mata. Karena pekerjaan otak ternyata lebih berat dan lebih melelahkan daripada fisik. 1. Bawa Buku Catatan kecil atau Notes kemana pergi. Ketika muncul ide atau ilham jangan tunda, langsung tulis. Kalau ditunda akan lupa. Bukan mudah mau memanggil ingatan yang sudah lewat/lupa. 2. Sewaktu mendapat ide atau ilham tulis Ide Utamanya . Kemudian jabarkan menjadi poin-poin kecil. 3. Ketika online, atau siap menulis artikel, susun sebaik mungkin. Suatu saat kita boleh saja membuat update/perubahan. Namun jangan mengira kita bisa selalu membuat perubahan. Jadi, buatlah artikel sebaik-baiknya sebelum dipublish atau diposting. 4. Buatlah arti

Panjang Maksimum Deskripsi Video Youtube dan Pesan Kesalahan

Ada banyak diskusi di sekitar tentang menambahkan Caption teks ke deskripsi video YouTube Anda. YouTube secara otomatis akan mengkonversi konten audio dari streaming video Anda ke teks biasa - sehingga dapat digunakan untuk teks tertutup. Anda tentu saja harus cek dan edit ini sebagai hasil yang sedikit aneh dari waktu ke waktu! Anda kemudian dapat menambahkan teks keterangan ini untuk deskripsi video YouTube Anda. Sehingga akan diindeks juga oleh mesin pencari. Masalahnya adalah bahwa itu sangat mudah untuk menemukan kesalahan pada YouTube di mana dikatakan bahwa pengaturan video Anda tidak bisa diselamatkan alasan adalah bahwa baik deskripsi terlalu panjang atau berisi karakter ILLEGAL.  Ini adalah pesan kesalahan yang sangat tidak membantu. Oke. YouTube Anda memberitahu bahwa deskripsi terlalu panjang? Atau apakah itu mengandung karakter ilegal? Atau keduanya? Setelah mengalami masalah ini beberapa kali, saya mengatur tentang bereksperimen dan melihat apa yang sejauh deskrip